Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Jumat, 18 November 2011

China Tak Inginkan Hegemoni

Sana Sini News - Perdana Menteri China Wen Jiabao mencoba untuk meyakinkan seluruh negara di kawasan Asia Tenggara bahwa China hanya ingin bekerja sama dengan negara-negara di kawasan tersebut, meski adanya peristiwa sengketa Laut China Selatan.

"China tidak akan mencari hegemoni. Kami pun menolak segala hal yang bersifat hegemonis," ujar Wen di Konferensi Tingkat Tinggi Asean ke 19, seperti dikutip Xinhua, Sabtu (19/11/2011).

"China, akan menjadi tetangga, sahabat, dan mitra yang baik bagi Asean," tambahnya.

Pernyataan Wen muncul di tengah adanya sengketa Laut China Selatan yang saat ini kian memanas. Dalam sengketa itu, China pun tampak berseteru dengan Filipina dan juga Vietnam.

China pun tampak keberatan dengan campur tangan Amerika Serikat (AS) di sengketa Laut China Selatan. Belakangan ini, AS pun tampak mendukung Filipina yang merupakan salah satu mitranya dalam sengketa Laut China Selatan.

"Pasukan asing tidak akan diperbolehkan untuk ikut campur dalam masalah ini. Laut China Selatan harus diselesaikan oleh negara-negara yang bersengketa lewat sebuah dialog," ujar Wen.

Isu sengketa Laut China Selatan tampak merenggangkan hubungan China dan Filipina, serta Vietnam. Beberapa bulan yang lalu, Filipina pun kerap melakukan latihan militer bersama dengan AS di dekat wilayah sengketa tersebut. Vietnam juga tampak melakukan aktivitas yang sama dengan Filipina.

0 komentar

Poskan Komentar