Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Jumat, 18 November 2011

Partai Suu Kyi Segera Daftarkan Diri di Pemilu

Sana Sini News - Partai Liga Demokrasi Nasional (NDL) yang dipelopori oleh tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi memutuskan untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum (pemilu) Myanmar yang akan segera diselenggarakan.

NDL sempat menolak untuk mendaftarkan diri di pemilu 2010 karena ada larangan terhadap Suu Kyi yang hendak kembali ke ranah politik. Setelah reformasi terjadi, Suu Kyi pun dibebaskan dari rumah tahanan dan diperbolehkan berpartisipasi dalam proses politik. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Jumat (18/11/2011).

Suu Kyi juga sudah mengatakan, dirinya akan kembali masuk ke arena politik karena adanya reformasi. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama juga sudah mengutus Menteri Luar Negeri Hillary Clinton untuk mengunjungi Myanmar.

Popularitas NDL tampaknya semakin meningkat di Myanmar karena ada supremasi sipil. Dukungan terhadap Suu Kyi juga sudah tampak di kalangan masyarakat internasional.

NDL sebelumnya sempat memenangkan pemilu pada 1990 silam, namun junta militer Myanmar langsung memboikot hasil pemilu itu. Suu Kyi pun ditahan oleh junta militer selama 15 tahun dan dirinya pun dibebaskan baru-baru ini.

Meski sudah ada pembebasan terhadap oposisinya, Myanmar masih menahan banyak tahanan politik. Para tahanan politik Myanmar pun dikabarkan sulit untuk mendapatkan grasi.

0 komentar

Poskan Komentar