Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Sabtu, 19 November 2011

Selamatkan Lingkungan, AS Bantu RI Rp5 Triliun

Sana Sini News - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton mengumumkan AS akan memberikan bantuan ke Indonesia sebesar USD600 juta atau sekira Rp5 triliun untuk menyelamatkan lingkungan.

Dana itu akan disalurkan lewat salah satu badan bantuan milik Pemerintah AS, Millenium Challenge Corporation (MCC). Clinton mengumumkan bantuan itu dalam pertemuan East Asia Summit (EAS) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

"Satu di antara tujuh desa di Indonesia tidak memiliki aliran listrik yang bagus dan banyak desa di Indonesia menggunakan energi solar yang mahal dan juga akan mengotori lingkungan," ujar Clinton, seperti dikutip AFP, Sabtu (19/11/2011).

"Pembalakan liar, konversi lahan pertanianlah, pencemaran air dan praktik-praktik yang merusak lingkungan lainnya akan berakibat buruk pada kekayaan alam," tambahnya.

Sejak menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Perubahan Iklim di Bali pada 2007 lalu, Indonesia telah melancarkan berbagai upaya untuk mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Meski demikian, Indonesia merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia ini.

Sebanyak 85 persen gas tersebut umumnya disebabkan adanya pembalakan liar dan perusakan lingkungan lainnya. Bantuan dana dari MCC bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca tersebut.

0 komentar

Poskan Komentar