Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Selasa, 15 November 2011

Tiru Desain, Motor China Diproses Polisi Italia

Sana Sini News - Kepolisian Italia terpaksa memproses sebuah motor dan skuter China saat sedang ambil bagian di ajang EICMA 2011 di Milan, pekan lalu. Alasannya, desain motor ini dianggap mencontek dari produk lain.

Skuter roda tiga tersebut adalah produksi dari Yiben dengan nama Yiben YB ZKT 250. Desain skuter ini sangat mirip dengan Piagio MP3 dan dikenakan pasal pemalsuan dan pelanggaran hak cipta.

Yiben adalah anak perusahaan dari Kaitong Industri, produsen kendaraan roda dua di China. Produk Yiben termasuk generator, mesin dan sepeda motor. Sepeda motor yang diproduksi adalah kapasitas kecil seperti skuter.

“Sepeda motor telah mendapatkan reputasi yang baik dari klien baik di rumah maupun di luar negeri, karena kualitas yang handal, desain yang inovatif, dan harga yang murah,'' jelas Yiben dalam situs resminya seperti dilansir visordown.

Namun, pernyataan tersebut berbanding terbalik di EICMA, Milan 2011. Di Eropa meniru sebuah konsep kendaraan bisa dikenakan kasus pelanggaran hak cipta, dan bisa dipidanakan.

Tahun lalu, Suzuki Van Van 125 juga ditiru desainnya dengan meluncurkan V-Raptor SkyTeam 125, yang harganya hanya sekitar dua-pertiga dari merk Suzuki.

0 komentar

Poskan Komentar