Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Sabtu, 26 Februari 2011

Tanaman-tanaman Pembunuh


Tanaman kurang beruntung ini tumbuh di tanah berasam ekstrim atau tanah tidak subur yang tidak memiliki cukup nutrisi untuk pertumbuhan. Solusinya ? Tanaman ini harus membunuh dan mencerna makhluk malang lainnya.


Di sini sebagian menyebutnya "kantung semar", sementara nama lainnya bisa bermacam-macam.

Monkey Cup ("Mangkok Monyet")
Kebanyakan mangsa tanaman ini adalah serangga, mungkin sekali-kali katak pohon. Tapi belakangan diketahui spesies raksasanya, Nepenthe Attenboroughii, bahkan juga melahap hewan pengerat dan burung sebagai menunya.

Hanging Pitcher Plmoants

Tanaman ini menggunakan daya tarik visualnya dan kelenjar-kelenjar berbau wangi untuk mengelabui serangga agar mendekat. Bagian pinggirnya licin dan curam sehingga korban mudah jatuh ke dalam lubang perangkap dan tenggelam.

Bunga Sarracenia Leucophylla
"Kolam" di dalam tanaman ini dinamakan phytotelmata. Tanaman ini memiliki enzim khusus untuk melarutkan tubuh korbannya. Banyak dari jenis tanaman ini memiliki ekosistem kecil di dalam tubuh bercairan mungilnya yang juga merupakan tempat hidup serangga kecil yang juga memakan korban yang sudah tenggelam dan tanaman ini akan menyerap sisa-sisanya.

Purple Pitcher Plant
Sarraceniopus Gibsoni, seekor tungau (tengu) hanya ditemukaan di dalam tanaman ini.


Wyeomyia Smithii, seekor nyamuk yang siklus hidupnya hampir seluruhnya dihabiskan di dalam tanaman ini.
Nepenthes beccariana dari Sibolga, Sumatra
California Cobra Lily, di bawah ini memiliki sebuah lidah bergarpu yang membantu semut-semut dan serangga merayap lainnya yang berada di dalamnya.
Penutup seperti topi yang bergantung pada banyak jenis tanaman ini membuat serangga-serangga terbang sulit untuk melarikan diri.

0 komentar

Poskan Komentar