Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Rabu, 16 Februari 2011

Bebek Betina Punya Cara Unik Tolak Seks


 INILAH.COM, Jakarta Ilmuwan menemukan bebek betina memiliki sistem reproduksi yang mampu menyeleksi jantan yang diinginkan. Kemampuan ini hasil dari evolusi alamiah akibat kawin paksa.

Para ilmuwan menemukan ketika datang masa untuk berhubungan seksual, beberapa bebek betina bisa mengatakan "tidak". Mereka mengalami evolusi vagina dengan membentuk spiral searah jarum jam yang terus berputar, untuk mengeluarkan penis bebek jantan yang tidak diinginkan

Ketika bebek betina tersebut ingin berhubungan seks atau "ya," maka dia memiliki beberapa trik yang membuatnya lebih mudah baginya untuk memberikan jalan bagi pasangannya menyelipkan penis yang berbentuk seperti pembuka botol agar mudah masuk dan terjadi fertilisasi.

"Pada spesies di mana perkawinan paksa dilakukan secara umum, jantan telah berevolusi dengan penis yang lebih panjang, tetapi betina memiliki vagina dengan bentuk berbelit kantung buntu dan spiral dalam arah yang berlawanan dari penis laki-laki," kata pemimpin peneliti Patricia Brennan Yale University .

"Koevolusi ini dihasilkan dari konflik antara kedua jenis kelamin tentang siapa yang akan mengendalikan pembuahan."

Hasilnya, dalam pertempuran terus-menerus antara kedua jenis kelamin tentang siapa yang bertanggung jawab, betina menang di antara jenis spesies bebek (Cairina moschata). Temuan-itu dijelaskan secara rinci dalam jurnal proseding Royal Society B edisi 23 Desember 2009.

Di tahun 2007, tim Brennan menggambarkan morfologi aneh organ seksual bebek. Kebanyakan burung jantan bukan di phalluses dan malah berhubungan seks di saluran yang disebut kloaka (membuka daerah tersebut sebagai saluran reproduksi) agar jantan dapat mentransfer sperma ke betina.

Tidak hanya memiliki penis, C. moschata relatif besar dan fleksibel (bahkan ketika ereksi) membentang hingga ke hampir 20 cm. (Sebagai perbandingan, rata-rata penis ereksi manusia hanya 15 cm.

Ketika kawin, jantan yang penisnya ereksi juga berguna untuk memperpanjang vagina betina.

Selama ini proses reproduksi lebih menguntungkan jantan, tanpa persetujuan betina atau dipaksa kawin. Tapi hipotesis Brennan bahwa betina dengan alat kelamin yang kompleks bisa membalikkan keadaan dan membuat persetubuhan sulit bagi jantan kuat sekalipun.

Pertama kali tim menggunakan video berkecepatan tinggi untuk melihat bagaimana organ-organ yang aneh tersebut mampu bekerja, menemukan proses eversi yang mengejutkan berlangsung sekitar setengah detik. Hasil tersebut berasal dari bebek di sebuah peternakan komersial di mana binatang itu dilatih untuk memberikan semen untuk inseminasi buatan.

Mereka meneliti bagaimana eversi penis bebek bekerja di satu set tabung kaca dengan berbagai bentuk - lurus, satu dengan spiral berlawanan arah jarum jam (untuk meniru penis jantan), dan yang lain dengan spiral searah jarum jam (yang cocok dengan betina).

Tabung dengan spiral searah jarum jam ternyata benar-benar bisa menghentikan penis memperpanjang diri sepanjang jalan masuk vagina. Itu bukan kasus tabung yang lurus atau yang berlawanan arah jarum jam, yang tidak menghambat eversi.

Hasil menunjukkan bentuk vagina betina dapat menghambat senggama dengan jantan.

"Bebek betina adalah sasaran yang dipaksa senggama oleh jantan yang tidak diinginkan dan biasanya mereka tidak dapat melarikan diri," kata Brennan kepada LiveScience. "Perubahan morfologi kelamin memungkinkan mereka untuk mendapatkan kembali kontrol reproduksi dengan membuat sulit bagi jantan yang tidak diinginkan untuk mencapai fertilisasi."

Jadi, bagaimana unggas bebek ini berkembang biak?

Bagi jantan yang melakukan pra-ritual senggama dan mendapat lampu hijau dari calon pasangan, betina akan menganggap sikap reseptif. Para peneliti menemukan dalam posisi ini, pembukaan vaginanya mengangkat dan bergetar seakan-akan meletakkan telur.

"Oviduk betina sangat elastis," kata Brennan, "dan kita berpikir bahwa kombinasi berdenyut dan sikap reseptif ini membantu mengendurkan saluran telur pada sanggama betina dengan pasangannya sehingga memungkinkan jantan penisnya eversi sepenuhnya."[ito]

0 komentar

Poskan Komentar