Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Rabu, 23 Februari 2011

Pesawat tenaga surya



Sebuah pesawat eksperimental yang menarik kekuatannya dari matahari membuat uji terbang siang dan malam
Tujuannya adalah untuk menilai apakah pesawat bisa terbang dalam kegelapan, menggunakan sel surya pada sayapnya untuk menghasilkan tenaga yang cukup untuk tetap di udara selama 24 jam.
Pesawat HB-SIA, yang lepas landas dari Swiss, memiliki berat mobil keluarga tetapi sayap sebuah pesawat besar.
Penerbangan uji pada awalnya dijadwalkan untuk berlangsung minggu lalu tapi ditunda karena masalah teknis.
“Selama tujuh tahun, seluruh tim telah bekerja penuh semangat untuk mencapai langkah menentukan pertama proyek,” kata pilot Andre Borschberg saat memasuki kokpit di sebuah lapangan udara di Payerne, di sebelah barat Swiss.
Ia harus mengambil pesawat ke ketinggian 27.900 kaki (8.500 m) dengan Rabu malam, ketika sinar matahari berhenti menjadi cukup kuat untuk memasok sel surya dengan energi.
Prototipe yang kemudian akan mulai turun yang lambat, menggunakan energi yang tersimpan dalam baterai sampai matahari terbit.
“Pertanyaan besar adalah apakah pilot dapat membuat efisiensi penggunaan energi baterai untuk terbang sepanjang malam,” kata tim dalam sebuah pernyataan.
“Jika misi ini berhasil, itu akan menjadi penerbangan terpanjang dan tertinggi yang pernah dibuat oleh pesawat surya.”
‘Solar masa depan’
Pesawat, yang memiliki 12.000 sel surya, adalah langkah terbaru dalam proyek Solar Impulse, yang Bapak Borschberg memimpin dengan mitra bisnis dan sesama petualang, Bertrand Piccard.
Mr Piccard membuat mengelilingi non-stop pertama dunia dalam sebuah balon pada tahun 1999.
Pasangan ini ingin membuktikan bahwa tenaga surya memiliki masa depan yang praktis dalam penerbangan dan, lebih umumnya, dalam masyarakat powering pada umumnya.
Pesawat menggabungkan material komposit untuk tetap sangat ringan, dan menggunakan sel surya super-efisien, baterai, motor dan baling-baling untuk menjaga diri dalam langit.
Kendaraan diresmikan tahun lalu dan telah menjalani persidangan siang hari. Penerbangan penuh hari pertama selesai pada tanggal 7 April.
HB-SIA akan digantikan oleh HB-SIB. Hal ini mungkin lebih besar, dan akan menggabungkan kapsul bertekanan dan avionik yang lebih baik.
Kelompok ini berencana untuk menggunakan kendaraan ini dalam waktu dua tahun untuk membuat penerbangan berawak pertama transatlantik surya,diikuti pada tahun 2013 mengelilingi bumi bahkan lebih berani.
UPDATE. bbc.co.uk 08 July 10 10:59 GMT
‘Penerbangan abadi di langit telah berhasil’
Sebelumnya penerbangan dari Solar Impulse telah memasukkan hop “loak singkat” dan tes lagi udara awal tahun ini. Namun upaya minggu ini digambarkan sebagai tonggak “” oleh tim.
Para desainer, tim Solar Impulse dipimpin oleh Bapak Borschberg dan sesama penerbang Bertrand Piccard, mengatakan bahwa ini membuktikan bahwa sebuah pesawat dapat disimpan dalam udara di sekitar jam.
“Ini pertama kalinya bahwa [a berawak] surya pesawat telah terbang sepanjang malam,” kata Mr Piccard wartawan.
“Itulah saat yang membuktikan misi berhasil, kita berhasil.”
Pesawat itu muncul dari kegelapan malam dengan daya tiga jam tersisa dalam baterai, lebih dari yang diperkirakan.
“Tidak ada yang dapat menghalangi kita dari satu hari dan malam, dan mitos penerbangan abadi.”
Tim sekarang akan membangun baru yang lebih maju, model pesawat.
Dikutip:bbc.com 7 july 2010

 
i
 

0 komentar

Poskan Komentar