Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Sabtu, 19 Februari 2011

TIPS MENYAJIKAN TEH YG BENAR MENURUD SANG MAESTRO DUNIA..



[Image: teh1.jpg]

Acara minum teh memang selalu menjadi momen sakral dimana bila disajikan secara tepat maka hasil yang bisa didapat, tidak hanya teh yang nikmat, namun juga acara kumpul dengan orang-orang tercinta menjadi lebih berkualitas.

Bagi seorang Stephen H.B Twining – yang merupakan generasi ke-10 dari keluarga Twinings asal Inggris, yang terkenal dengan bisnis teh terkemuka di dunia dan telah bertahan selama lebih dari 300 tahun ritual penyajian teh adalah bagian penting dari proses menikmati teh.
Spoiler for Spoiler:
Penyajian Teh

“Saat kita sedang mempersiapkan sajian secangkir teh, sesungguhnya kita sedang menciptakan momen ketenangan untuk sejenak keluar dari tekanan kesibukan sepanjang hari,” kata Stephen, saat memaparkan presentasinya di acara media gathering, di Four Season hotel, Jakarta. teapot

Maka dari itu, Stephen pun membagikan tips penyajian teh yang baik dan benar, selayaknya proses penyajian yang biasa dilakukan oleh para ahli saji sebelum menyajikannya (secangkir the) untuk kalangan aristrokrat dan elit politik Inggris, yang memang sudah menjadikan acara minum the sebagai tradisi.

Tips Persiapan Teapot:

Quote:1. Teapot yang digunakan harus khusus untuk menyeduh teh dan jangan dicampur untuk yang lainnya, seperti kopi. Teapot bisa terbuat dari kaca atau porselin.

2. Cuci bersih teapot, dan pastikan bagian permukaan dalam teapot benar-benar bersih, sehingga cita rasa teh tidak berubah.

3. Suhu teapot harus dihangatkan, agar tidak mempengaruhi cita rasa teh.

Tips Penyajian teh:

1. Kualitas air yang digunakan untuk menyeduh teh, sangat berpengaruh dengan cita rasa yang akan dihasilkan. Maka, setelah air mendidih, langsung tuangkan ke dalam teapot yang sudah dimasukkan teh. Lalu sajikan ke dalam cangkir.

2. Apabila Anda mengunakan teh dalam kemasan tea bag, diamkan selama tiga menit dalam air panas, supaya pekatnya teh sempurna. Lalu angkat. Tetapi, jangan digunakan lagi, karena jika diulang kembali/dicelupkan kembali, kualitas tehnya tidak akan sama.

3. Apabila Anda ingin membuat green tea, sebaiknya dinginkan air yang tadi sudah mendidih, hingga suhunya menurun hingga 90-95 derajat celsius, agar rasa pahitnya tidak ikut terminum

4. Jika Anda ingin menikmati ice tea, sebaiknya seduh teh seperti biasanya sehari sebelumnya, yakni dengan air panas yang baru mendidih, lalu tuangkan dalam cetakan batu es kecil-kecil (ice cube). Diamkan hingga dingin, lalu masukkan dalam freezer.

Keesokan harinya, jika akan disajikan, Anda bisa membuat teh seperti cara di awal, lalu ganti es batunya, dengan es batu yang terbuat dari teh. Dijamin, cita rasa tehnya, tidak akan hilang, malah lebih nikmat rasanya. Stephen H.B Twining


Perawatan Teapot:
Quote:
1. Selesai menggunakan teapot, segera bilas dengan air.

2. Jangan gunakan sabun untuk menghilangkan noda seduhan teh.

3. Apabila ada noda, campurkan 4-5 sendok soda bikarbonat dan air hangat. Kemudian didiamkan selama 3 jam. Bilas hingga bersih. Hasilnya, noda akan hilang.

4. Keringkan teapot, lalu simpan di tempat yang kering.

Manfaatkan sisa teh:

Quote:1. Simpan sisa teh, dalam wadah kering. Tutup rapat supaya kualitasnya tetap sama bila disajikan lagi.


0 komentar

Poskan Komentar