Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Kamis, 24 November 2011

Demonstran Tewas, Militer Mesir Minta Maaf

Sana Sini News - Dewan Militer Mesir yang berkuasa sementara di Mesir saat ini, meminta maaf atas tewas para pengunjuk rasa yang menuntut kembalinya pemerintahan sipil. Hingga saat ini, 40 orang pengunjuk rasa dikabarkan tewas dalam aksi protes.

"Dewan Militer menyampaikan bela sungkawa dan permintaan maaf atas kematian para martir, saat protes yang terjadi di alun-alun Tahrir, Kairo," pernyataan Dewan Militer Mesir seperti dikutip AFP, Kamis (24/11/2011).

Selain itu, pihak Dewan Militer juga menyampaikan permintaan maaf serta belansungkawa atas korban yang tewas di kota lain diluar Kairo.

Pusat Kota Kairo itu saat ini kembali dipenuhi oleh rakyat Mesir yang sebelumnya melakukan aksi protes menurunkan kekuasaan Hosni Mubarak Februari lalu. Saat ini, para pengunjuk rasa melakukan aksi protes mendesak Dewan Militer untuk menyerahkan kekuasaan mereka kepada sipil.

Pihak militer sebenarnya sudah menjamin akan kembali ke barak dalam waktu enam bulan, setelah mantan Presiden Hosni Mubarak lengser dari kekuasaannya. Tetapi rakyat Mesir sudah terlanjur kesal, karena merasa tidak ada perubahan berarti meskipun Mubarak sudah turun.

Jenderal Hussein Tantawi yang memimpin Dewan Militer Mesir mengatakan, pihak telah mencapai kesepakatan dengan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) mengenai perpindahan kekuasaan ke pihak sipil. Tetapi kesepakatan yang diraih ini tidak membuat rakyat Mesir senang.

Sebagian besar dari mereka tidak lagi mempercayai pihak IM. Rakyat menilai IM saat ini lebih mendukung pihak militer dibandingkan rakyat Mesir sendiri.

Sementara melalui kesepakatan yang dicapai antara IM dan Dewan Militer didapatkan, bahwa pemindahkan kekuasaan ke sipil akan berlangsung Juni mendatang tepat dilaksanakannya pemilihan umum.

Rakyat pun menolak kesepakatan tersebut. Mereka mendesak agar proses pemindahan kekuasaan dapat dilakukan sekarang juga.
(faj)

0 komentar

Poskan Komentar