Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Kamis, 24 November 2011

Gempa 6,1 SR Guncang Jepang

Sana Sini News - Jepang kembali diguncang gempa yang cukup kuat. Kali ini dua gempa yang berkekuatan 6,1 skala richter (SR) dan 6,0 SR melanda Negeri Matahari Terbit.

Gempa pertama melanda pada Kamis sore waktu setempat di Pulau Hokkaido. Gempa berkekuatan 6,1 SR ini mengguncang sebelah timur laut Tokyo dengan pusat kedalaman gempa mencapai 30 kilometer di bawah air. Demikian dilansir Associated Press, Kamis (24/11/2011).

Badan Meteorologi Jepang tidak mengeluarkan bahaya tsunami dalam gempa kali ini. Sementara guncangan gempa dilaporkan terasa hingga Tokyo.

Sementara gempa kedua melanda wilayah Fukushima yang sempat didera krisis nuklir, usai gempa dashyat berkekuatan 9,0 SR Maret lalu. Gempa baru yang mengguncang Fukushima ini diperkirakan berkekuatan 6,0 SR. Tidak dilaporkan terjadinya tsunami pada gempa ini.

Dua guncangan gempa ini dipastikan tidak berhubungan satu dengan lainnya. Gempa juga tidak mempengaruhi pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-Ichi, yang sempat mengalami kebocoran pada gempa Maret lalu.

Sementara Pemerintah Jepang belum mengeluarkan laporan korban jiwa ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh dua gempa berkekuatan sedang tersebut.

Rakyat Jepang masih belum bisa melupakan gempa 9,0 SR yang melanda 11 Maret lalu. Gempa yang disertai tsunami itu menewaskan hampir 20 ribu warga. Bencana itu pun memicu krisis nuklir yang memaksa 100 ribu orang mengungsi ke tempat yang aman akibat kebocoran radiasi.
(faj)

0 komentar

Poskan Komentar