Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Kamis, 24 November 2011

Perang Antar Kartel Tewaskan 23 Orang di Meksiko

Sana Sini News - Sebanyak 23 orang tewas dalam serangan yang dilancarkan oleh kelompok kartel Meksiko, pelaku serangan juga membakar 16 jasad korban tewas tersebut.

Menrut aparat kepolisian setempat, peperangan ini melibatkan kelompok Kartel Sinaloa. Sinaloa merupakan salah satu kartel yang dipimpin oleh buronan Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman.

Seorang pengacara melaporkan, 16 orang tewas ditembak dalam insiden perang antar kartel tersebut. Beberapa jam kemudian empat orang dikabarkan tewas di Kota Mocorito, sementara itu tiga orang lainnya juga ditembak mati di Kota Guamuchil. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Kamis (24/11/2011).

Perang anti-narkoba dicetuskan oleh Presiden Meksiko Felipe Calderon saat dirinya naik ke kursi presiden. kebijakan itu dilaksanakan pada 2006 dan pada saat itu pula militer dikerahkan untuk menumpas para kartel. Alhasil, 45 ribu orang tewas dalam perang anti-narkoba itu, banyak di antaranya adalah warga sipil.

Survey yang dilakukan oleh Badan Survei Mitofsky melaporkan, hanya sedikit warga Meksiko yang yakin, perang anti-narkoba akan melemahkan para kartel.

Perang anti-narkoba juga terbuki meningkatkan kekerasan. Human Right Watch melaporkan, kepolisian dan militer Meksiko terlibat dalam 170 kasus penyiksaan, 24 pembunuhan disengaja, dan 39 penculikan paksa. Tindakan ini dilakukan oleh aparat keamanan Meksiko sejak 2006 lalu.(rhs)

0 komentar

Poskan Komentar