Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Kamis, 24 November 2011

Thaksin Takkan Pulang

Sana Sini News - Mantan Perdana Menteri Thailand yang saat ini menjadi buronan, Thaksin Shinawatra, tidak berniat untuk pulang ke negaranya.

Lewat sebuah konferensi pers di Korea Selatan (Korsel) Thaksin menegaskan dirinya takkan kembali ke Thailand hingga adanya proses rekonsiliasi. Meski demikian, Kerajaan Thailand dikabarkan akan memberikannya amnesti pada 5 Desember mendatang, yang merupakan hari ulang tahun dari Raja Bhumibol Adulyadej.

Thaksin yang lengser pada 2006 lalu lewat kudeta militer saat ini hidup dalam pengasingan di Dubai, Uni Emirat Arab untuk menghindari penangkapan karena pria berusia 66 tahun ini mendapat dakwaan kasus korupsi. Pemberian amnesti yang mungkin didapatkannya dinilai akan meningkatkan ketegangan di Thailand. Demikian seperti diberitakan AFP, Kamis (23/11/2011).

Di Korsel, Thaksin pun menegaskan, dirinya siap untuk melakukan pengorbanan demi terciptanya rekonsiliasi di Thailand dan berjanji tidak akan pulang sebelum rekonsiliasi itu terjadi.

Meski demikian Pemerintah Thailand sudah menyatakan penolakannya terhadap pemberian amnesti untuk Thaksin. Oposisi pemerintah mengancam untuk turun ke jalan bila Thaksin memang akan pulang ke kampung halamannya.

Banyak pihak yang menilai, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra yang merupakan adik dari Thaksin, tengah mengatur strategi untuk memulangkan kakaknya yang saat ini menjadi buronan.(rhs)

0 komentar

Poskan Komentar