Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Minggu, 13 November 2011

Prancis Bangun Kota Paris Palsu

Sana Sini News - Tahukah Anda bahwa pada saat Perang Dunia I, Prancis membangun kota Paris palsu untuk menipu Jerman? Ya, rencana tersebut dilakukan hanya untuk membohongi pesawat-pesawat Jerman dengan menganggap bahwa kota Potemkin adalah ibukota Prancis.

Kota tersebut dibuatkan replika layaknya kota Paris sebenarnya, seperti bangunan, lampu jalan, bahkan replika Gare du Nord, stasiun kereta api cepat yang sekarang masih digunakan di Paris.

Para pekerja benar-benar mengerjakan kota palsu tersebut seperti kota aslinya pada saat itu. Mereka bahkan membuat kaca-kaca pabrik kotor, seolah-olah sudah lama digunakan, kereta-kereta dan juga jalur kereta palsu dibangun.

Hal tersebut dilakukan Pemerintah Prancis karena pada awal abad 20-an, rencana tersebut bisa saja berhasil. Jerman pada saat itu menggunakan pesawat pengebom Gotha.

Seperti dilansir Daily Telegraph, Senin (14/11/2011), pesawat Jerman dilengkapi dengan bom dan bisa menjatuhkan bom tersebut di kota besar mana saja yang mereka lalui seperti Paris dan London.

Beruntung, pesawat Gotha tidak pernah digunakan dalam perang tersebut. Perang pun berakhir sebelum kota palsu itu berhasil diselesaikan.

Kota palsu dan Paris akhirnya selamat dari serangan Jerman. Hingga kini, kota tiruan Paris itu sudah hilang, hanya foto saja yang masih tersisa dari saksi sejarah perang tersebut.

0 komentar

Poskan Komentar