Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Minggu, 13 November 2011

Sanksi Baru untuk Iran Lebih Menggigit

Sana Sini News - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, sanksi baru kepada Iran akan lebih menggigit. Tetapi dirinya mengaku masih bersedia bekerja sama bersama Rusia dan China untuk menekan program nuklir Iran.

"Kami akan berkonsultasi dengan mereka dengan hati-hati, guna mencari tahu pilihan apa yang tersedia. Sanksi terbaru (untuk) Iran tentunya akan lebih menggigit," ungkap Presiden Obama seperti dikutip MSNBC, Senin (14/11/2011).

"Iran dengan senjata nuklir akan memberikan ancaman kepada dunia dan tentunya Amerika Serikat," imbuhnya.

Presiden ke-44 AS ini akan melakukan pertemuan dengan pemimpin Rusia dan China di sela-sela forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Honolulu, Hawaii. Mereka akan membahas laporan Badan Energi Atom (IAEA) yang memiliki bukti bahwa Iran tengah mengembangkan penelitian dan mendesain bom nuklir.

Presiden kulit hitam pertama AS ini, sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Dimitry Medvedev dan Presiden China Hu Jintao Sabtu pekan lalu. Dirinya berusaha untuk mendapatkan dukungan dari keduanya.

Obama menambahkan bahwa Rusia dan China memiliki tujuan yang sama dengan AS, yakin memastikan bahwa Iran tidak membangun senjata nuklir. Tetapi kedua negara ini menolak keras penerapan sanksi baru terhadap Iran.

Empat sanski ekonomi yang dijatuhkan oleh PBB terhadap Iran, telah membuat kondisi ekonomi Negeri Paramullah itu makin kritis.

Tetapi meski sanksi sudah dijatuhkan, Iran tidak menunjukan adanya perubahan dalam program nuklir mereka.

IAEA bahkan menjelaskan bukti berupa citra satelit, dokumen, diagram serta surat-surat penting lainnya yang menyatakan Iran memang tengah mengembangkan senjata nuklir. Hal ini termasuk desain senjata, percobaan bahan peledak bertenaga besar dan mengembangkan hulu ledak nuklir.

0 komentar

Poskan Komentar