Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Senin, 14 November 2011

Iran Ancam Tarik Diri dari Keikutsertaan IAEA

Sana Sini News - Iran berencana untuk mengkaji ulang kerja sama mereka dengan Badan Atom Internasional (IAEA). Keputusan ini diambil setelah IAEA mengeluarkan laporan adanya senjata nuklir di Iran.

Ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengatakan, "sudah menjadi suatu keharusan untuk mengkaji ulang kerja sama dengan badan itu (IAEA)".

"Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, saat ini memulai pengkajian atas isu kerja sama dengan IAEA dan beberapa badan (PBB) lainnya," ucap Larijani seperti dikutip Xinhua, Senin (14/11/2011).

Larijani menambahkan, setelah IAEA mengeluarkan laporan kepemilikan senjata nuklir Iran, pihak parlemen memutuskan bahwa kerja sama atau tidak, keputusan IAEA tidak memiliki dampak besar terhadap Negeri Paramullah itu.

Parlemen Iran dikabarkan akan membahas penarikan diri Iran dari perjanjian Traktat Nonproliferasi Nuklir (NPT), khususnya setelah IAEA dianggap mengeluarkan laporan yang dianggap bias.

Laporan IAEA ini memang berdampak banyak mengenai masa depan teknologi nuklir Iran. Bahkan laporan tersebut memicu rencana serangan yang akan dilakukan Israel.

Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang pada awalnya dikabarkan akan mendukung serangan tersebut, dan lebih memilih menerapkan sanksi baru terhadap Iran. Presiden Barack Obama menilai sanksi baru ini akan lebih keras daripada sanksi sebelumnya.

0 komentar

Poskan Komentar