Artikel Yang Lain

danang blog
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Web Directory Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Zimbio Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Sabtu, 19 November 2011

Sistem Komputer Janjikan Terobosan Kanker

Sana Sini News - Ada sebuah sistem komputer yang bisa membaca tulisan ilmiah, mirip dengan janji terobosan manusia dalam penelitian kanker. Hal tersebut disampaikan oleh ilmuwan Cambridge.

Dilansir Telegraph, Sabtu (19/11/2011), sistem ini disebut CRAB, yang mampu menjaring jutaan 'peer review' artikel untuk menunjukkan penyebab tumor. Selain itu, juga ditemukan alasan potensial mengapa beberapa bahan kimia menyebabkan kanker pankreas hanya pada pria.

CRAB merupakan implementasi terbaru dari bentuk cepat, muncul dari kecerdasan buatan yang disebut pengolahan alami dan juga digunakan dalam perangkat lunak Siri pada iPhone 4S. Hal ini memungkinkan komputer untuk membaca teks dan memperoleh artinya, meskipun kompleks dan ambigu, seperti manusia.

Sistem itu, akan digunakan pertama kali untuk menilai risiko bahan kimia baru, yang bisa menyebabkan kanker.

"Tahap pertama dari setiap penilaian risiko adalah kajian literatur. Ini merupakan hambatan utama," ujar Dr Anna Korhonen, dari University of Cambridge, yang memimpin pengembangan CRAB.

Dia juga mengatakan, "Mungkin ada puluhan ribu artikel untuk kimia tunggal. Dilakukan secara manual, itu mahal dan karena meningkatkan jumlah publikasi, sehingga menjadi terlalu sulit untuk mengelolanya."

Menurut Korhonen, meskipun masih dalam pengembangan, sistem ini bisa digunakan untuk membuat koneksi menjadi sulit untuk ditemukan.

CRAB dibuat untuk peneliti online melalui antarmuka web, dan diharapkan teknologi ini dapat disesuaikan dengan bidang ilmu yang lain.

0 komentar

Poskan Komentar